Jumat, 29 Juli 2016

PENGALAMAN PKL/PRAKERIN DI BMT ASSYAFIIYAH



Halo, linda balik lagi nih setelah sekian lama gak pernah buka blog, maklum orang sibuk :D
Kali ini aku mau posting tentang pengalamanku  waktu PKL atau PRAKERIN buat temen-temen yang akan menghadapi masa itu, karna banyak banget adik-adik kelasku  juga tanya, gimana sih mba rasanya PKL? Enak gak sih mba? Waktu hari pertama pasti malu-malu gitu ya mba? Kerjaannya ngapain aja mba?  Bosenin gak sih mba? Hehe pasti kebanyak tanyanya gitu.. langsung aja ya pke bahasa linda gak papakan?
Aku  sekolah di SMK Al Ihsan Sukanegara Kec. Bangunrejo Kab. Lampunng tengah Pada tanggal 4 maret 2016 tepatnya aku kelas XI semester II sekolahku mengadakan program PRAKERIN atau bisa juga PKL aku ditempatkan di sebuah kantor cabang pembantu BMT Asyafiiyah Tanjung jaya, bersama teman sekelasku yakni Bayu Setiawan, kenapa aku ditempatkan di BMT? Karena jurusanku Administrasi Perkantoran simpelkan? Hehe...
Dihari pertama tepat pukul 07:00 laku &  bayu diantar dengan pembimbing ku dari sekolah yaitu Ibu Devi Marlina beliau guru IPA disekolah, alhamdulilah kantor BMT tidak terlalu jauh dari sekolah maupun rumahku, setelah menunggu beberapa lama kemudian kantor pun dibuka, kami diserahkan oleh bu Devi  perasaan sedih ada ketika bu Devi pulang gimana gak? Kami dititipkan selama 1 bulan dikantor, setelah bu Devi pulang kami dipanggil oleh pimpinan BMT yakni mas Ginanjar, disitu kami di perkenalkan kepada para pegawai dan (ups, lupa ternyata ada teman PKL kami dari sekolah lain) setelah diperkenalkan ternyata kami mendapat 1 pembimbing dikantor yakni mas Iskandar beliau memberi  gambaran berupa kegiatan yang akan kami lakukan disetiap harinya, dan mengajari kamitentang mengisi TS (tanda setoran), SPS (slip pengambilan simpanan) , dll (lupa hehe), ohya dikantor ada 4 pegawai  yaitu mas Ginanjar, mas Iskandar, mas Tri kuncoro, dan kasirnya mba Dita kemudian 2 teman PKL kami dari sekolah lain yaitu, Amin dan Rizky...
Dihari pertama kami malu-malu bngung mau ngapain dan akhirnya diajak.lah aku oleh mas Tri kepasar (kirain mau shoping hehe) ternyata, menarik simpanan anggota yang ada dipasar  Srikaton setelah sampai dipasar  duh.... aku deg-degan  karena Mtk ku kurang hehe,  tapi ternyata gampang kok, mas Tri menulis diTS, aku  menulis di buku tabungan anggota (tau kan apa yang ditulis aku?) ada tgl, debet, kredit, saldo dan paraf, dihari itu berhubung deg-degan aku  banyak banget yang slah tapi untung mas Tri baik, jadi aku gak dimarah malah diajarin hehe (Cuma ngitung padahal hehe) setelah beberapa kali salah akhirnya aku lancar ngitung juga, setelah selesai muter-muter dipasar narikin simpanan (bukan simpanan pacar lho ya hehe) aku dan mas Tri balik kekantor dijalan aku minta maaf sama mas Tri karna banyak bnget kesalahan aku, karna aku takut kata mas Iskandar “kalo kamu salah 1 kali aja itu udah jadi nilai min buat kamu” aku udah salah banyak berapa min buat aku? L tapi gak papa masih belajar hehe setelah sampai dikantor, wih.... siBayu udah deket banget sama Amin & Rizky gak adil nih, masa aku suruh knalan sendiri merekakan laki-laki malu dong, setelah itu kalo gak slah aku sama temen-temen lagsung menghitung si duit tadi yang aku tarikin, busyet mereka si amin & rizky pinter banget ngitung duitnya wajar dong mereka jurusan Akuntansi (itu yang bikin minder) siangnya setelah solat dzuhur sekitar jam 14:00 giliran sibayu & amin narikin simpanan, sama kayak aku tadi Cuma dia bukan dipasar tapi dikomplek tanjungjaya & sinar luas, anak PKL dikantor tinggal aku sama Rizky, Rizky orangnya gak asik, dia pendiem kerjanya main hp doang akunya dicuekin akhirnya aku buka pembicaraan, yah... tanya-tanya tentang dia PKL disitu enak gak? Dll. Setelah bayu sama amin pulang kita ngitung duit lagi, dan jam 16:00 setelah solah ashar kami memasukan barang-barang pembersih yang ada diluar dan akhirnya, kita pulangggg... hore setelah seharian di kantor yang menurutku bosenin, tapi pingin tambah kuota PKL hehe aneh ya J .
Yes, dihari kedua setelah pacarku datang untuk  antar jemput aku selama 1 bulan ful PKL, yaitu biku Rizky Baharul Malihan,  oya aku lupa, dihari pertama kita udah buat jadwal Sip ada pagi dan ada siang, setiap paginya ada 2 anak, dan begitupun sorenya, setelah kantor dibuka tepat 07:30 kami mulai mengeluarkan barang yang harus dikeluarkan hehe dan mulailah aku sama amin bersih-bersih si amin nyapu aku nyuci gelas, dan solat dhuha  dilanjutkan tadarus quran, dan mulailah kegiatan seperti biasa sampai jam 12:00 kami pulang dan berganti bayu & rizky sampai 16:00.
Dihari 1,2,3 aku baru bisa beradaptasi dengan lingkungan kantor sudah mulai akrab dengan para pekerjanya dan semuanya, beberapa hari kemudian aku sama bayu disuruh sama mas Iskandar suruh buat buku jurnal kegiatan, maklum dari sekolahku tidak menyediakan karna aku juga masih perintis angkatan pertama, mungkin belum seperti sekolah-sekolah lain yang sudah menyediakan segala kebutuhan muridnya kemudian akupun membuatnya yang berisi tgl, kegiatan, paraf. 1 bulan full aku aku belajar di BMT banyak pelajaran yang aku dapat namun 1 bulan itu menurutku sangat kurang, oh ya ada kejadian yang bikin aku merasa bersalah sampai sekarang, gini ceritanya, pada suatu hari kamis  aku sama bayu ditugaskan untuk mengantarkan berkas (rahasia) di kaantor BMT Asyafiiyah kalirejo, kami membawa motor mba Dita dibawakannya juga STNK motor setelah sampai di kalirejo kami juga sempat berkenalan dengan anak PKL di BMT Asyafiiyah kalirejo namanya latifah & (lupa) hehe maaf sobat...aku banyak mengobrol sedangkan bayu hanya diam mendengarkan karna dia laki sendiri hehe, setelah sekian lama menunggu akhirnya kamipun kembali ke kantor, kebetulan dihari itu aku & bayu dapat jatah full 1 hari karena amin dan rizky berhalangan, perut ini sakit kelaparan karena lama menunggu, kenapa gak mampir beli makanan? kami tidak berani karena kami sedang menjalankan tugas, tidak mungkin untuk mampir-mampir, setelah sampai di kantor waw...!!! aku sama bayu dibeikan es doger oleh mas Tri, thanks ya mas Tri J ... 1 gelas es doger udah buat kenyang kok hehe, dan kami lanjut menjalankan  kegiatan seperti biasa, disore harinya setelah aku pulang menarik simpanan anggota waw !!! lagi hehe dibeliin mie ayam sama pak bos hehe meskipun perut masih kenyang tapi menghargai dong harus abisin tuh mie ayam,  (jum’at jatah amin & rizky, sabtu-minggu libur) dan senin aku berangkat namun ketika berangkat aku sangat merasa bersalah karena STNK dan terselip juga KTP  mba Dita masih ada didalam tasku yang ada dipikiranku hanyalah (mba dita marah gak ya? Mba ditakan ngekos kalo dia pulang pasti butuh ini) aduhh takut.... akhirnya setelah sampai di kantor aku cepat-cepat masuk dan meminta maaf kepada mba dita  semua orang yang ada dikantor menampakan wajah aneh semakin membuatku takut, dan ternyata eh ternyata mba dita aja lupa kalo SNTK, KTPnya sma aku, yaampun seharusnya aku gak sepanik ini...
Dan, langsung aja ya tepat di tanggal 4 april 2016 ibu devi datang untuk mengambil kami disaat bu devi datang aku sedang dipasar Bekri bu devi pun memberikan cendra mata kepada BMT Asyafiiyah, setelah aku pulang sampai kantor sudah ada bayu disana bertanya kepadaku ”gimana nih perpisahannya?” aku jawab “ya gak gimana-gimanalah, mau makan-makan?”, dan akhirnya aku & bayu gak rayain perpisahan itu cukup meminta maaf dan bertrimakasih...
***
1 bulan berlalu banyak sekali pelajaran dan pengalaman  yang aku dapat, buat temen-temen yang mau menghadapi masa PKL jangan takut, yang harus disiapkan adalah mental.  Thanks for BMT Asyafiiyah yang sudah mau menerima kami untuk belajar dikantor selama 1 bulan J kami senang bisa belajar di BMT Asyafiiyah.
 

1 komentar:

  1. Makasih kak ini membantu banget buat aku yg baru mau brngkat pkl😂

    BalasHapus